SELAMAT DATANG DI DINDA CANDIES BLOG!

Kamis, 09 April 2020

TUGAS PPKN ; TEORI KEDAULATAN


TEORI – TEORI KEDAULATAN



A.    Teori Kedaulatan Tuhan
Menurut sejarahnya, teori kedaulatan Tuhan ini merupakan yang paling tua diantara teori-teori kedaulatan yang lain. Teori ini berkembang pada zaman abad pertengahan, yaitu antara abad ke-V sampai abad ke-XV. Negara yang menganut paham ini disebut teokrasi sepert negara Vatikan, Arab Saudi, dan Jepang. Tokoh teori kedaulatan tuhan antara lain ; Augustinus, Thomas Aquinas, dan Marsilus. 

B.    Teori Kedaulatan Negara
Negaralah yang menciptakan hukum atau negara sebagai sumber dari segala kekuasaan. Jadi, segala sesuatu harus tunduk kepada negara. Tokoh-tokoh teori kedaulatan negara antara lain ; Jean Bodin, Paul Labond, dan George Jellinek. Negara penganut kedaulatan negara adalah ; Konfederasi Jerman. 

C.    Teori Kedaulatan Hukum
Teori kedaulatan hukum maksudnya adalah hukum yang  memiliki kekuasaan tertinggi dalam suatu negara. Tokoh-tokoh teori kedaulatan hukum antara lain ; Kragle, Leon, Kranburg, Immanuel Kant, dan Hugo de Groot. Negara penganut kedaulatan hukum adalah ; Belanda.

D.   Teori Kedaulatan Rakyat
Teori Kedaulatan Rakyat memiliki kekuasaan tertinggi di masyarakat. Kedaulatan yang dipegang oleh raja/penguasa tidak memiliki arti di dalam teori ini. Teori ini berkembang antara abad XVII sampai sekarang. Tokoh-tokoh teori ini antara lain ; Jean Jacques, Thomas Hoggeas, John Lacke, dan Montecquien. Negara-negara penganut nya adalah ; Amerika Serikat, Perancis, dan Indonesia. 

·       Teori kedaulatan yang cocok untuk negara Indonesia;
Bangsa Indonesia menganut kedaulatan rakyat. Dapat dilihat dari Pancasila sila ke-4. Isinya adalah “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.” Berdasarkan uraiab tentang kedaulatan rakyat tersebut, jelaslah bahwa negara kita cocok untuk menganut teori kedaulatan rakyat.


0 komentar:

Posting Komentar